Saturday, May 11, 2019

Tragedi Ratusan KPPS Meninggal, Eks Ketua KPU DKI Dukung Investigasi

esakan pembentukan team investigasi untuk tahu pemicu wafatnya beberapa ratus petugas Grup Pelaksana Pengambilan Suara (KPPS) waktu menjalankan pekerjaan pada Pemilu Serempak 2019 selalu bergulir.

Baca juga : Jurusan di UNIB

Kesempatan ini hadir bekas Ketua Komisi Penentuan Umum (KPU) DKI Jakarta, Soemarno. Ia menekan terdapatnya investigasi lengkap pada beberapa ratus petugas Pemilu 2019 yang wafat.Investigasi itu disebutkannya penting untuk tahu apa yang menyebakan beberapa petugas KPPS wafat.

"Saya duga ini tragedi demokrasi kita. Pemilu yang semestinya diterima riang oleh beberapa orang tetapi lalu tinggalkan duka begitu mendalam," tutur Soemarno pada SINDOnews, Jumat (10/5/2019).

Menurutnya, unsur kecapekan tidak lalu dipandang seperti pemicu jumlahnya petugas pemilu yang wafat. Sebab, katanya, jumlahnya petugas pemilu yang wafat sejumlah beberapa ratus orang.

Ia cemas korban wafat selalu makin bertambah sebab sekarang ini ada banyak beberapa petugas pemilu yang dirawat di rumah sakit.

Baca juga : Jurusan di UNJA

"Perlu ada investigasi yang lengkap dari pemerintah, dari KPU, dari DPR, sebetulnya apa sich dibalik pemicu wafatnya beberapa petugas KPPS, apa unsur medis atau sebab apa," katanya.

Arah investigasi dipandang penting supaya pemicu wafatnya petugas KPPS tidak selalu jadi simpang-siur.

No comments:

Post a Comment